Fasilitasi Harga Sembako Murah Pemkot Sukabumi Gelar Pasar Murah dan Bazar Ramadhan



SUKABUMI- Pemerintah Kota Sukabumi mulai menggelar pasar murah dan bazar Ramadhan 1440 Hijriyah. Pembukaan kegiatan tersebut dilakukan oleh Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi di halaman Kantor Kecamatan Cibeureum Selasa (14/5).


Dalam kesempatan itu hadir Wakil Wali Kota Sukabumi Andri Setiawan Hamami dan Ketua Tim Penggerak PKK Fitri Hayati Fahmi. Istimewanya dalam pasar murah dan bazar Ramadhan Pemkot Sukabumi memberikan paket sembako gratis kepada warga kurang mampu.


'' Pemerintah daerah rutin melakukan pasar murah dan bazar Ramadhan,'' ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi dalam sambutannya. Kegiatan ini untuk membantu warga yang membutuhkan khususnya menghadapi bulan Ramadhan dan menjelang Idul Fitri.


Pasar murah dan bazar Ramadhan ini ungkap Fahmi kali ini digelar oleh dua satuan kerja perangkat daerah yakni Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan, dan Perindustrian (Kopdagrin) dan Dinas Pertanian, Perikanan, dan Ketahanan Pangan serta bidang Ekonomi Pembangunan (Ekbang) Setda Kota Sukabumi. Sehingga semua kecamatan di Kota Sukabumi terlayani dengan kegiatan tersebut. 


Adanya kolaborasi dari tiga lembaga pemerintah ini kata Fahmi diharapkan memberikan kesempatan kepada masyarakat agar bisa menikmati harga yang lebih murah dibandingkan di pasaran. Sebabnya beberapa item barang kebutuhan pokok masyarakat disubsidi pemda.


'' Paket sembako ini diperuntukkan bagi warga terlebih dahulu bukan untuk pegawai negeri sipil (PNS),'' ujar Fahmi. Sebabnya warga jauh lebih membutuhkan pangan selama Ramadhan dan menjelang Idul Fitri.



Di sisi lain Fahmi menerangkan, inflasi tertinggi biasanya terjadi di bulan Ramadhan. Di mana warga cenderung lebih konsumtif dibandingkan selain bulan ramadhan. 


Seharusnya warga menahan hal tersebut namun kondisi tersebut sudah jadi budaya. Oleh karena itu pemerintah menggelar operasi pasar dan bazar Ramadhan karena tingginya tingkat permintaan menyebabkan harga sembako naik.


Namun Fahmi menuturkan, harga sembako saat ini relatif stabil. Bahkan harga eceran tertinggi (HET) bawang putih awalnya mencapai Rp 60 ribu per kilogram. Kini harganya turun dan sampai batas normal Rp 40 ribu per kilogram.



Sebelumnya kata Fahmi, pemkot akan menggelar operasi pasar untuk menekan harga bawang putih. Namun hal itu tidak jadi dilakukan karena harga komoditas tersebut sudah turun.


Kepala Dinas Kopdagrin Kota Sukabumi Ayep Supriatna menambahkan, pelaksanaan pasar murah dan bazar Ramadhan tahun ini digelar di empat kecamatan.


Rincianya di Kecamatan Cibeureum mulai 14-15 Mei, Kecamatan Baros 16-17 Mei, Kecamatan Lembursitu 20-21 Mei, dan Kecamatan Gunungpuyuh 22-23 Mei. Sementara tiga kecamatan lainnya digelar bazar Ramadhan oleh Dinas Pertanian, Perikanan, dan Ketahanan Pangan.

Posting Komentar

0 Komentar