Wali Kota Sukabumi dampingi Menteri Perdagangan (Mendag) RI Menyusuri Pasar




Menteri Perdagangan (Mendag) RI Enggartiasto Lukita dan rombongan didampingi Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi meninjau pasar pelita Kota Sukabumi, Selasa (9/4). 




CITAMIANG - Menteri Perdagangan (Mendag) RI Enggartiasto Lukita dan rombongan didampingi Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi beserta Wakil Wali Kota Sukabumi Andri Setiawan Hamami turun dari mobil lalu menyusuri pasar berjalan kaki, Selasa (9/4).

Pertama, rombongan masuk di los Pasar Pelita Kota Sukabumi dari arah Jalan Ahmad Yani, Enggartiasto berdialog dengan para pedagang. Dirinya memantau ketersedian dan juga harga bahan pokok yang ada di pasar tersebut. Sambil berdialog sejumlah pedagang sesekali meminta foto bersama. 

Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi memastikan ketersedian bahan pokok terlebih menjelang Ramadhan dipastikan aman. Selain itu harga-hargapun terpantau stabil, meski ada yang mengalami kenaikan, namun Fahmi menjelaskan hal itu musiman terjadi. " Pemerintah Kota Sukabumi memastikan stok pangan aman dan harga pun sebisa mungkin tidak terjadi kenaikan yang signifikan," kata dia. 


Dikatakan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita kedatangannya di pasar ini guna memantau perkembangan harga bahan pokok. Dari hasil pantauan bahan pokok aman terkendali. Tidak ada ke khawatiran, terutama harga beras. Daging ayam yang sempat di khawatirkan harga rendah, sesuai keinginan perternak mandiri meminta untuk dibantu, saat ini harga sudah sesuai dengan harapan.

" Jika pedagang menjual harga daging ayam berbeda-beda itu wajar, begitulah kondisi dipasar. Kalo untuk bahan pokok tidak ada kekhawatiran. Meski bawang merah terjadi kenaikan tapi itu musiman," ujar dia.

Sementara itu tingkat daya beli sejauh ini tidak ada pengaruh, menurutnya pada masa pemilu uang beredar di wilayah itu cukup tinggi jadi dipastikan daya beli masih stabil. Namun masa pemilu sering diadakanya pasar murah, mungkin hal itu yang menyebabkan terjadinya penurunan. 

" Tapi bagus kalo ada pasar purah rakyat jadi diuntungkan asal jangan money politik aja," singkatnya.


Usai memantau pasar, Enggartiasto melihat kondisi pembangunan pasar pelita. Dan ditargetkan pasar pelita akan selesai tahun ini. Sementara itu Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi menjelaskan, pasar rakyat yang dikerjasamakan dengan pihak ke 3 ini Pemerintah Kota Sukabumi menargetkan di bulan November 2019 ini rencana bangunan Pasar Pelita selesai.

Posting Komentar

0 Komentar