Wali Kota Sukabumi Dampingi Kapolda Jabar meninjau Rekapitulasi Suara Tingkat PPK






SUKABUMI--Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi mendampingi Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi Maryoto dan Panglima Kodam III/Siliwangi Mayjen TNI Tri Soewandono memantau rekapitulasi penghitungan suara tingkat panitia pemilihan kecamatan (PPK) di Kota Sukabumi Ahad (21/4). Salah satunya rekapitulasi suara di PPK Kecamatan Warudoyong yang digelar di GOR Suryakencana Sukabumi.



Dalam pantauan Kapolda, Pangdam dan Wali Kota Sukabumi suasana Kota Sukabumi setelah pencoblosan dan tahapan rekapitulasi PPK berjalan aman. Kedatangan rombongan Kapolda dan Pangdam ini untuk memastikan penyelenggaraan rekapitulasi suara di PPK berjalan sesuai standar operasional termasuk standar pengamanan agar berjalan dengan benar.


'' Saya bersama pangdam mengunjungi sejumlah daerah termasuk Kota Sukabumi untuk memantau keamanan pasca pemilu,'' ujar Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi Maryoto. Sebelum ke Kota Sukabumi, rombongan Kapolda memantau hal serupa di Kota Bandung, Cimahi, Karawang dan Kabupaten Sukabumi.


Pemantauan ini kata Agung, sesuai dengan undang-undang dan tugas polisi dibantu TNI untuk mengamankan jalannya pemilu. Upaya ini dilakukan berkoordinasi dengan seluruh stakeholder penyelenggara pemilu seperti Pantia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panwascam untuk memastikan proses penghitungan rekapitulasi suara berlangsung sesuai standar operasional termasuk pengamanan kotak suara.


Agung mencontohkan, pintu gudang kotak suara ditutup dengan tiga kunci dipegang PPK, Panwascam dan polisi. Hal ini untuk meyakini proses pemilu berjalan dengan benar.


Di sisi lain Agung mengatakan, dari pantauannya di Jabar tidak ada euforia menyikapi hasil pemilu. Sebabnya masyarakat Jabar terkenal agamis, santun, dan religius


'' Kami juga mengimbau agar warga menunggu hasil penghitungan suara yang dilakukan instansi yang diberikan kewenangan oleh undang-undang yakni KPU,'' kata Agung. Sehingga masyarakat diimbau untuk menghormati proses yang tengah berjalan di KPU tersebut.


Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi mengatakan, pelaksanaan rekapitulasi suara tingkat PPK di Kota Sukabumi berjalan dengan aman. '' Setelah memantau di sejumlah PPK sejak Sabtu (20/4) hasilnya rekapitulasi berjalan dengan aman,'' ujar dia.


Menurut Fahmi, hasil penghitungan suara yang resmi hanya dari KPU. Sehingga warga bisa menunggu proses yang berjalan di lembaga tersebut.


Fahmi juga mengimbau agar tidak ada euforia menyikapi hasil pemilu. Hal ini untuk menjaga suasana kondusif di Kota Sukabumi.

Posting Komentar

0 Komentar