Mudahkan Pelayanan Si-kalem Resmi di Launching.


Wakil Wali Kota Sukabumi Andri Setiawan Hamami 
Foto bersama usai melaunching mesin Si-kalem, Sabtu (6/4) di Kecamatan Gunung Puyuh Kota Sukabumi.




SUKABUMI - Wakil Wali Kota Sukabumi Andri Setiawan Hamami melaunching mesin Sistem Kotak Layanan Elektronik Mandiri (Si-kalem), Sabtu (6/4) di Kelurahan Karang Tengah, Kecamatan Gunung Puyuh. Mesin ini memudahkan pelayanan kepada warga khususnya dalam pembuatan surat keterangan yang dibutuhkan.

Mesin yang bentuknya seperti ATM ini sistem kerjanya mudah dan cepat, hal itu guna mendukung program Pemerintahan Kota Sukabumi. Dengan mesin Si Kalem masyarakat hanya menunggu sebentar setelah meng-klik sesuai yang diinginkan. Sedikitnya terdapat 24 item layanan dalam mesin Si-kalem. 

" Saya rasa dalam launching ini sungguh luar biasa, melalui inovasi yang di gagas di Kecamatan Gunungpuyuh ini memudahkan masyarakat dalam memasuki era revolusi industri 4.0 yang cukup cepat," ujar Wakil Wali Kota Sukabumi Andri Setiawan Hamami pada saat melaunching Si-kalem. 

Lanjut Andri, melalui perubahan di era ini seluruh jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) tidak hanya bisa melayani masyarakat hanya dengan konteks manual. Melainkan dari segi teknologi harus terus ditingkatkan dan dikembangkan menuju Kota Sukabumi yang Religius, Nyaman dan Sejahtera (Renyah). 

Ditambahkan Andri, ia berharap inovasi mesin Si-kalem bisa terus berkembang. Dan ditargetkan bisa masuk program pemerintah di tahun 2020. Sistem servernya akan terus ditingkatkan lagi, sehingga mendorong perubahan pelayanan ASN yang harus melayani dengan maksimal santun dan mudah senyum.

Ke depannya ujar Andri, layanan digital kepada warga ini tidak hanya konteks kecamatan. Akan tetap bisa di tingkat kota, provinsi bahkan nasional.

Selain lauching Si Kalem dilanjutkan pula penandatangan MoU antara Kecamatan Gunung Puyuh dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) yang disaksikan langsung oleh Wakil Wali Kota Sukabumi dan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kostaman. Pada kesempatan tersebut pula Disdukcapil melaksanakan program Si Jempol dalam memberikan pelayanan terkait pembuatan dokumen kependudukan KTP elektronik, kartu keluarga dan lain-lain.


Disamping itu pula diserahkan seperangkat komputer kepada para lurah se Kecamatan Gunung Puyuh. Hal itu nantinya digunakan untuk kegiatan teleconference antara camat dan lurah dalam menunjang pembangunan di daerah.


Camat Gunung Puyuh Fajar Rajasa menambahkan, inovasi Si Kalem ini prinsip kerjanya sederhana. '' Masyarakat bisa melayani dirinya sendiri melalu alat Sikalem,'' imbuh dia.


Nantinya ada petugas Customer Service dari kelurahan dan kecamatan yang membantu warga dalam menggunakan mesin Si Kalem. Mereka akan mendampingi warga dalam memanfaatkan teknologi tersebut.


Fajar menerangkan, inovasi ini berpedoman pada Perwal Nomor 12 tahun 2013 terkait dengan jenis, bentuk daan juga format layanan yang ada di kecamatan.


Dalam program Si Kalem ini masyarakat Gunung Puyuh bisa akses 24 jenis layanan. Upaya ini untuk mempermudah warga dalam mendapatkan layanan selama 24 jam karena tidak melalui birokrasi yang berbelat belit.


Selain itu untuk mencegah adanya pungutan liar dalam proses layanan. Puluhan layanan yang bisa di akses dalam Si Kalem antara lain surat keterangan usaha, surat keterangan kematian, dan surat keterangan domisili haji.

Posting Komentar

0 Komentar