Budayakan Aksara Sunda


Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi pada saat menulis aksara sunda di kain putih yang terbentamg sepanjang 105 meter.

BAROS - Dalam upaya meningkatkan mutu kesenian dan mengembangkan bahasa dan juga sastra daerah, Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi mengapresiasi penggunaan aksara sunda di Kota Sukabumi yang harus semakin dilestarikan.


Seperti yang terpantau tim Humas Kota Sukabumi, menyemarakam HUT Kota yang ke-105 Musium Kipahare menyelenggarakan penulisan aksara sunda di sepanjang kain putih berukuran 105 meter yang terbentang di Lapang Garuda Kelurahan Baros, Kecamatan Baros Kota Sukabumi, Sabtu (27/4).


Acara yang merupakan rangkaian kegiatan upacara adat sedekah bumi tersebut tentunya mendapatkan apresiasi yang luar biasa dari Wali Kota Sukabumi, Nampak terlihat Fahmi pun mengikuti kegiatan tersebut dengan menulis beberapa kalimat di kain putih yang sudah disediakan.


Menurut Fahmi, dengan penulisan aksara sunda yang dilakukan di ruang terbuka tentunya sebagai sosialisasi kepada masyarakat luas agar lebih akrab tengan tulisan sunda. Karena, tidak bisa dipungkiri masyarakat asli tanah sunda tidak semua mengenal aksara sunda. Oleh sebab itu, berbagai upaya memperkenalkan aksara sunda khususnya kepada para pelajar perlu di tingkatkan.



" Tidak bisa dipungkiri, sekarang banyak pelajar yang tidak hafal aksara sunda. Oleh sebab itu kegiatan ini tentunya sebagai ajang memperkenalkan kembali aksara sunda yang kita ketahui sebagai budaya dari tanah sunda," ujar Fahmi.


Kedepan Fahmi berharap aksara sunda akan semakin membudaya di Kota Sukabumi.

Posting Komentar

2 Komentar

  1. ᮠᮛᮨᮕᮔ᮪ ᮃᮘᮤ ᮃᮊ᮪ᮞᮛ ᮞᮥᮔ᮪ᮓ ᮙᮥᮜᮄ ᮓᮤᮃᮏᮁᮊᮨᮔ᮪ ᮒᮤ ᮞᮊᮧᮜ ᮓᮞᮁ

    BalasHapus