Perempuan Harus Menjadi Tuntunan Bukan Tontonan.



SUKABUMI - Pengurus dan anggota Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Sukabumi menggelar pertemuan rutin bulanan sekaligus memperingati Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW, Rabu (20/3) di ruang Opproom Setda Kota Sukabumi.

Tak kurang dari seratus perempuan yang hadir dalam acara itu. Peringatan Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW ini, dihadiri langsung oleh Ibu Wali Kota Sukabumi Fitri Hayati Fahmi yang juga sekaligus menjadi penceramah. Dalam hikmah Isra Mirajnya disampaikan Isra Miraj menjadi momentum bagi umat Islam untuk meningkatkan kualitas keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

Fitri menyampaikan, bahwa pentingnya memaknai Isra Miraj untuk meningkatkan kemajuan keimanan umat muslim. Selain itu dirinya juga mengingatkan, bahwa sebagai umat muslim khususnya perempuan harus menjadi tuntunan jangan menjadi tontonan. Seperti halnya sebuah keluarga merupakan tuntunan.

Namun, fenomena saat ini banyak yang menjadikan keluarga itu sebagai tontonan bukan menjadi tuntunan. " Contohnya, tidak sedikit perempuan saat ini menggunakan media sosial (medsos). Dalam aktivitasnya di medsos mereka memperlihatkan aktivitasnya, dan hal itu tentunya ingin mendapatkan like atau pujian orang lain sehingga menjadi kepuasan tersendiri," ujar dia pada saat memberikan ceramah.

Mengingat momentum penting dalam rumah tangga dan kehidupan itu, doa demi doa yang kita ucapkan itu sama. Misalnya saja, ketika kita melihat pengantin tentu akan mendoakan yang sama. Setiap doa yang disampaikam adalah tuntunan.

Nabi memberi doa itu tidak sembarang. Fitri menuturkan, umat muslim dituntut untuk mampu berbahasa Arab, usahakan belajar walaupun sedikit.

" Semua doa yang diucapkan itu sama, misalnya ketika menerima undangan, yang kita lihat pasti tanggal dan tempat, coba lihat ayat suci yang ada dalam undangan pengantin itu se-Indonesia ayat surat undangan semua sama," terangnya.

Dijelaskan Fitri, bahwa keberkahan itu Nabi memberikan tuntunan kepada umatnya dalam keadaan dibawah atau diatas Allah akan memberikan keberkahan jika umatnya mengikuti tuntunan nabi.

Menurut Fitri, keberkahan itu muncul dari ucapan assalammualaikum warahmatullahi wabarakatu. Makna berkah sendiri yakni, segala sunah yang diajarkan oleh nabi maka hidup akan berkah.

" Sesungguhnya orang yang mencelamu dia itu yang terputus keberkahan hidupnya, karena kita membenci tuntunan kita. Jadi setiap sunah yang kita jalankan menjadi berkah," tandasnya.

Sementara itu disampaikan Ketua DWP Kota Sukabumi Hj Nuraeni mengatakan, tujuan peringatan Isra Mi'raj ini adalah untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan terhadap Allah SWT serta memperkuat ikatan silaturrahim antar sesama muslim pada umumnya dan anggota organisasi wanita pada khususnya. " Isra Mi'raj sesuatu hal yang melekat dalam keimaman dan ketaqwaan," ujarnya.

Sementara hikmah itu Isra Mi'raj diantaranya, dikatakan Nuraeni manfaat Shalat begitu luar biasa dan orang tualah yang paling penting memberikan contoh ketaatan Shalat.

“Semoga kita para orang tua mampu menjadi contoh yang baik untuk anak-anak kita. Bahkan bukan hanya Shalat, tetapi seluruh amalan, seluruh perintahnya adalah mendatangkan kebaikan bagi kita," tandasnya.

Posting Komentar

0 Komentar