Latsar CPNS Bentuk karakter yang unggul


SUKABUMI ­- Pemerintah Kota Sukabumi telah memulai Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Golongan III. Latihan Dasar (Latsar) itu tertuju bagi 94 orang yang lolos seleksi CPNS 2019 di lingkungan Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Sukabumi.

Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi membuka secara resmi pelatihan tersebut pada hari Senin (25/3) di Gedung Korpri Kota Sukabumi. Awal dimulai pelatihan ini merupakan masa percobaan selama satu tahun yang diawali dengan kewajiban mengikuti Latsar atau Diklat Prajabatan. Adapun total pelaksanaan diklat “on class dan off class” selama 51 hari.

“ Tentunya kami Pemerintah Daerah Kota Sukabumi mengucapkan terimakasih kepada Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jawa Barat dan juga Komandan Yonif 310/KK atas kerjasamanya terselenggaranya pelatihan ini,” ujar Fahmi. 

Dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 tahun 2017 tentang Manajemen PNS menyebutkan Latsar CPNS merupakan persyaratan untuk diangkat menjadi PNS. CPNS yang dinyatakan tidak lulus pelatihan dasar akan diberhentikan sebagai CPNS. Diklat juga bertujuan untuk membentuk karakter agar bisa unggul, profesional, loyal, dan bertanggung jawab dalam menjalankan tugas.

Fahmi menuturkan, terdapat beberapa hal yang menjadi PR bagi anggota baru atau CPNS. Diantaranya CPNS harus beradaptasi dengan lingkungan Pemerintah Daerah. Selain itu mengenal isi dari rumah besar Pemkot Sukabumi seperti halnya Visi dan Misi Wali Kota Sukabumi, jumlah perangkat daerah, jumlah pegawai Korpri, dan lain sebagainya.

Sebagai CPNS kata Fahmi mereka harus mampu menjadi aparatur yang mampu mendengar keinginan masyarakat, tangguh dan mau bekerja keras serta inovatif, mampu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan teknologi dan informasi, mampu mengedepankan kepentingan masyarakat. “ Jika lulus seluruhnya wajib menunjukan kinerja terbaik pada saat bertugas di perangkat daerahnya masing-masing,” tutupnya.






Posting Komentar

0 Komentar